Video Palsu Elon Musk Yang Mempromosikan Penipuan Crypto Menjadi Viral

Posted on May 25, 2022 in Cryptocurrency

Sebuah video yang menunjukkan deepfake Elon Musk yang menjanjikan keuntungan besar untuk berinvestasi dalam skema cryptocurrency yang cerdik telah menjadi viral.

Video tersebut menampilkan Musk palsu yang berbicara tentang “proyek investasi baru” di mana orang harus menginvestasikan uang mereka untuk mendapatkan “dividen 30% setiap hari selama sisa hidup mereka”.

Deepfake adalah bentuk video yang semakin umum dibuat oleh kecerdasan buatan yang menciptakan gambar peristiwa fiksi. Dalam hal ini, deepfake sedang mengedit rekaman masa lalu dari orang terkaya di dunia dan membuatnya terlihat seperti mengatakan sesuatu yang tidak dia katakan. Penipuan dilakukan oleh BitVex, platform perdagangan palsu.

Namun, video khusus ini tidak terlalu meyakinkan, karena suara Musk seperti robot dan sulit untuk menangkap apa yang dia katakan. CEO Tesla, yang juga menjalankan perusahaan kedirgantaraan SpaceX, dengan cepat mengatakan di Twitter bahwa video itu tidak nyata. “Oh. Jelas bukan saya,” tweetnya.

Oh! Ini pasti bukan aku.

— Elon Musk (@elonmusk) 25 Mei 2022

Billy Markus, salah satu pendiri Dogecoin, juga berbicara tentang betapa buruknya deepfaking. “Seseorang yang cukup bodoh untuk berinvestasi di dalamnya layak kehilangan uang mereka, tetapi pada saat yang sama para penipu layak menghabiskan hidup mereka di penjara,” katanya.

“Secara harfiah siapa pun yang melihat ini dan berpikir itu nyata akan kehilangan uang mereka untuk apa pun,” tambahnya.

Dogecoin adalah cryptocurrency terbesar ke-11, dengan kapitalisasi pasar $11 miliar, dan yang telah berulang kali dibicarakan Elon Musk di Twitter. Musk telah menghabiskan sebagian besar tahun 2020 dan 2021 memompa koin, yang awalnya diciptakan sebagai lelucon, meroketkan harganya.

Para kritikus mengatakan aset crypto, “koin meme” asli, tidak memiliki kegunaan nyata, tetapi para pengembang saat ini sedang berupaya membuatnya berguna untuk pembayaran. Miliarder lain, Mark Cuban, telah mendorong Dogecoin untuk digunakan sebagai bentuk pembayaran selama lebih dari setahun. Tim NBA Kuba, Dallas Mavericks mulai menerima DOGE untuk merchandise dan tiket pada Maret 2021.

Penipuan Cryptocurrency ada di mana-mana, terutama penipuan Twitter yang menjanjikan keuntungan besar. Pada bulan Maret, penipuan phishing meretas akun terverifikasi untuk mencuri lebih dari $1 juta dalam airdrop palsu ApeCoin, token asli dari koleksi NFT Bored Ape Yacht Club.

Dan pada tahun 2020, scammers meretas akun tweeter terkenal, termasuk milik Musk, untuk mempromosikan penipuan bitcoin.

Share!

Give your comment

MOVENS

Rewards: 5,000,000

Claim →

Telas Mundi

Rewards: 1,000,000

Claim →

Passenger Mars ticket

Rewards: 500,000

Claim →

Alpha Protocol Airdrop

Rewards: 10,000

Claim →

Fishera Airdrop

Rewards: 3,400,000

Claim →

Boozcoin

Rewards: 500

Claim →